Luasan Lahan Sawit di Ketapang dan Manfaatnya

sawit, Ketapang, Martin Rantan, luasan, manfaat, PAD

sumber gambar: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/05/12

Ketapang salah satu wilayah yang area kebun sawitnya cukup luas. Menurut data yang didapat, luasan kebun sawit di Kabupaten Ketapang adalah 200.000 hektare. Tujuannya, sebagaimana dikemukan Bupati Ketapang Martin Rantan, "sebagai upaya pemerintah daerah bisa menghasilkan pendapatan asli daerah - PAD," (Antara Nov 17, 2021). 


S
awit adalah komoditas yang sangat akrab di telinga kita.  Tanaman sejenis palma yang tumbuh subur pada suhu hangat, sinar matahari, dan curah hujan yang banyak. 

Wilayah-wilayah yang terlewati garis katulistiwa dengan iklim tropis yang cocok dengan untuk tumbuh sawit. Minyak sawit sebagian besar diproduksi di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.

Minyak kelapa sawit, juga disebut minyak dende dalam bahasa Portugis, adalah minyak nabati yang diekstrak dari daging buah kelapa sawit. Minyak sawit memiliki 52% lemak jenuh, sedangkan minyak inti sawit mengandung 86% lemak jenuh. Dapat digunakan dalam berbagai produk konsumen, dari sabun dan kosmetik hingga deterjen dan lilin.

Sawit dan Perannya 
Bupati Rantan benar. Selain menaikkan PAS, sawit multiguna.

Hampir 50% bahan utama semua produk makanan olahan menggunakan minyak sawit. Produk pangan dan non pangan juga mengandung minyak sawit seperti cokelat, cookies, deterjen, mi instan, es krim, lipstik, margarin, roti kemasan, adonan pizza, sampo, dan sabun. 

Minyak sawit juga digunakan sebagai bahan baku untuk bahan bakar nabati. Karena minyak nabati menjadi lebih banyak digunakan dalam makanan di seluruh dunia, ia juga menggantikan produk hewani dalam produk pembersih dan perawatan pribadi seperti sabun, sampo, losion, dan riasan.

Minyak sawit memberikan banyak manfaat kesehatan seperti penglihatan yang lebih baik; kaya antioksidan dan vitamin K; Peningkatan metabolisme dan penurunan berat badan; penurunan risiko kanker dan penyakit kardiovaskular; dan kemampuan untuk memperlambat penyakit neurologis degeneratif.

Minyak sawit merah mengandung proporsi antioksidan dan vitamin E yang tinggi serta kandungan karoten yang tinggi. Sehingga minyak sawit lebih baik dibanding kandungan yang ditemukan pada minyak lain. Seperti, minyak bunga matahari, minyak kelapa, dan minyak kacang tanah.

Komposisi asam lemak dalam minyak sawit menawarkan keseimbangan sehat yang umumnya tidak ditemukan pada minyak lainnya. Tidak seperti minyak lainnya, minyak sawit merah tetap stabil pada suhu tinggi sehingga ideal untuk menggoreng. Minyak sawit merah tidak memerlukan proses hidrogenasi dan tidak memiliki asam lemak trans.

Sawit di Kabupaten Ketapang adalah 200.000 hektare. Tujuannya sebagai upaya pemerintah daerah bisa menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) -- Martin Rantan

Sawit merupakan tanaman yang multimanfaat. Salah satu produk dari kelapa sawit adalah minyak sawit. Segmen minyak nabati di pasar minyak sawit global diperkirakan tumbuh karena masalah kesehatan terkait konsumsi lemak trans. 

Tak mengherankan bilaminyak goreng mendominasi pangsa pasar akibat penggunaan minyak sawit dalam memasak sebagai pengganti minyak nabati mahal lainnya. Minyak sawit adalah minyak yang paling banyak diproduksi dan dikonsumsi di dunia. Sebab minyak sawit murah, hemat produksi, dan sangat stabil.

Berdasarkan aplikasi minyak sawit dapat menghasilkan produk seperti Minyak Goreng, Biodiesel, Surfaktan, Kosmetik, Pelumas dan Lain-lain.Minyak sawit digunakan dalam berbagai variasi produk makanan, kosmetik, kebersihan, dan dapat digunakan sebagai sumber bahan bakar nabati atau biodiesel. 

Produk minyak sawit memiliki kegunaan bervariasi dari minyak goreng hingga sabun, dari pelumas hingga bahan baku untuk industri oleokimia (bahan kimia apapun yang berasal dari lemak), produk sampingan biomassa, dan masih banyak lagi.

Minyak sawit dapat dijumpai di mana-mana dan setiap orang telah menggunakan minyak sawit. Orang keramas menggunakan sampo. Mandi menggunakan sabun. Gosok gigi dengan pasta gigi. Minum pil vitamin orang kebugaran tubuh. Paran riasan yang dipakai untuk mempercantik seorang wanita.Pada roti pagang dengan olesan margarin untuk sarapan. Untuk para pencinta kopi dengan dicampur krimer.

Kendaraan yang digunakan hari ini seperti bus, kereta api, atau mobil, semua menggunakan bahan bakar yang mengandung minyak sawit. Solar dan bensin juga memiliki komponen tambahan bahan bakar nabati, yang sebagian besar berasal dari minyak sawit. Bahkan listrik yang memberi daya pada perangkat kita mungkin dihasilkan dari pembakaran biji kelapa sawit.

Kelapa sawit sekarang merupakan tanaman minyak utama dunia dalam hal produksi. Kelapa sawit juga merupakan tanaman yang jauh lebih ekonomis dan lebih murah untuk diproduksi. Perkebunan sawit mengandung dampak lingkungan yang jauh lebih rendah daripada tanaman minyak lainnya. 

Minyak sawit memiliki kandungan asam palmitat jenuh yang relatif tinggi, serta asam oleat yang lebih diminati. Industri pangan memperlakukan minyak sawit sebagai komoditas generik yang relatif bernilai rendah. *)
LihatTutupKomentar
Cancel