Pengalaman Terbaik Mondragon University untuk Diterapkan Institut Teknologi Keling Kumang, Sekadau

Institut Teknologi Keling Kumang, ITKK, Robby Tulus, Profesor Akira Kurimoto

Tim dari Gerakan CU KK, Mnaldus (kirri) dan Masiun (jas hitam) ketika berbicara santai dengan Robby Tulus dan Profesor Akira Kurimoto terkait rencana mengadopsi pendekatan pendidikan tinggi Mondragon University.

Mondragon University, terletak di wilayah kecil di Mondragon, Spanyol, menawarkan pendekatan pendidikan tinggi yang berbeda. Yakni pendekatan pendidikan yang lebih menekankan pada praktik daripada teori. Hal ini tercermin dalam pengalaman Profesor Kurimoto, yang telah berkunjung ke sana sebanyak tiga kali. 

Pembelajaran di Mondragon University

Menurut Profesor Kurimoto, pembelajaran di universitas ini lebih mengutamakan praktik daripada teori. Mahasiswa terlibat dalam berbagai praktik bisnis, terutama dalam menjalankan bisnis start-up.

Pendekatan ini juga menjadi inspirasi bagi Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK) suatu perguruan tinggi bercirikan Dayak yang berada di Sekadau, wilayah timur Kalimantan Barat. 

Baca Institut Teknologi Keling Kumang: Menyongsong Era Pendidikan Teknologi yang Berkualitas

ITKK berencana untuk mengadopsi pendekatan serupa dalam pembelajaran mereka. ITKK akan mengintegrasikan lebih banyak praktik langsung dalam kurikulum mereka, dengan fokus pada pengalaman nyata dalam berbisnis start-up.

Sebagai langkah awal dalam mewujudkan tujuan ini, ITKK berencana untuk menyelenggarakan seminar yang akan mendatangkan seorang profesor dari Mondragon University. 

Seminar ini akan memberikan kesempatan bagi fakultas dan staf pengajar ITKK untuk mendapatkan nasihat dan bimbingan tentang pengembangan kurikulum yang sesuai dengan pendekatan less theory, more practices yang diusung oleh Mondragon University.

Fasilitasi Robby Tulus dan Profesor Akira Kurimoto 

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya lebih luas yang difasilitasi Pak Robby Tulus dan Profesor Akira Kurimoto dari University of Tokyo, sebagai bagian dari kegiatan International Co-operative Alliance (ICA).

Melalui kerja sama ini, ITKK berharap dapat memperkuat pendekatan praktis dalam pendidikan tinggi di Sekadau dan sekitarnya. Sekaligus memberikan pengalaman belajar yang lebih bermanfaat bagi mahasiswa mereka.

  • Munaldus

LihatTutupKomentar
Cancel