Ketika Gereja Katolik Riam Bunut berdampingan dengan Masdjid Annur

Riam Bunut, gereja, Katolik, masjid, Annur, Ketapang, Sekretaris Daerah, Sekda. Alexander Wilyo,



PATIH JAGA PATI : Sekda Ketapang Hadiri Acara Peletakan Batu Pondasi dan Pemberkatan Tiang Penjuru Pembangunan Gereja Katolik St. Laurensius Riam Bunut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, yang juga Patih Jaga Pati Laman Sembilan Domong Sepuluh Kerajaan Hulu Aik, Raden Cendaga Pintu Bumi Jaga Banua Alexander Wilyo S,STP., M.Si. menghadiri acara  Peletakan Batu Pondasi dan Pemberkatan Tiang Penjuru Pembangunan Gereja Katolik St. Laurensius, Riam Bunut, Kecamatan Sungai Laur, Kabupaten Ketapang, Selasa (21/05/2024). 

Gereja Katolik berdampingan dengan Masdjid Annur

Menariknya, Gereja Katolik St. Laurensius tersebut dibangun persis berdampingan dengan Masdjid Annur, Desa Riam Bunut , Kecamatan Sungai Laur.

Dalam sambutannya, Sekda Ketapang mengatakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk sehingga lahirlah konsep dasar toleransi. Dan ide-ide tersebut sudah lama dimunculkan oleh para pendahulu bangsa.

Sekda Alexander Wilyo mencontohkan, seperti di Jakarta, di depan Masjid Istiqlal berdiri pula Gereja Katedral, dan hal ini merupakan salah satu contoh toleransi.

Oleh karena itu, Sekda Ketapang berharap agar apa yang dilakukan pemerintah Kecamatan Sungai Laur dapat menjadi contoh dalam menghargai keberagaman, yang ada di Kabupaten Ketapang.

“Saya berharap tidak ada keributan gara-gara perbedaan Agama. Mari kita mendorong untuk saling menghargai dan toleransi antar umat beragama, serta kita membangun kerjasama antar agama untuk memecahkan masalah bersama,” ujarnya.

Proses, prosesi, dan acara pelatakan batu pertama Gereja Katolik Riam Bunut yang meriah.

Sekda juga meminta agar semua elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Ketapang -- dengan keberagaman suku, budaya dan agama untuk selalu bersatu padu, bersama dalam menjaga Ketapang agar selalu kondusif, damai dan toleransi bagi seluruh masyarakat ketapang.

Peletakan Batu Pondasi dan Pemberkatan Tiang Penjuru Pembangunan Gereja Katolik St. Laurensius itu ditandai dangan penandatanganan prasasti oleh Sekda Ketapang dan Vikariis Jenderal Keuskupan Ketapang. 

Menanam pohon durian

Pada kesempatan tersebut, Sekda Ketapang juga menanam pohon durian di lingkungan Gereja St. Laurensius, Riam Bunut. 

Turut hadiri juga pada acara Peletakkan Batu Pondasi dan Pemberkatan Tiang Penjuru Pembangunan Gereja Katolik St. Laurensius tersebut antara lain: Anggota DPRD Kabupaten Ketapang, Kasat Pol PP, Kaban Litbang, Kaban Kebangpol, Staff Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Kabag Kesra, Camat Sungai Laur, Forkopimcan Sungai Laur, Ketua DAD Kecamatab Sungai Laur, Ketua MABM Kecamatan Sungai Laur,  tokoh etnis, tokoh agama, tokoh adat, para domong, para Kepala Desa se-Kecamatan Sungai Laur.

-- Thomas Tion 

LihatTutupKomentar
Cancel