Mgr. Pius Riana Prapdi, Uskup Ketapang Ulang Tahun Hari Ini: Pelayanan dalam Kasih

Pius Riana Prapdi, uskup, Ketapang, pelayanan, kasih, mgr., Paus Benediktus XV, Blasius Pujaraharja


PATIH JAGA PATI : Mgr. Pius Riana Prapdi mengatakan, "Tidak ada yang kebetulan," dalam pertemuan  penulis yang tidak bisa dikatakan sekejap dengan sang gembala Keuskupan Ketapang pada Minggu pagi, 5 Mei 2024.

Setelah menghadiri ibadah Misa pagi di Katedral Ketapang, penulis memasuki rumah keuskupan. Sehari sebelumnya, saat acara peresmian Gedung Kepatihan Jaga Pati di Ketapang, telah berjanji dengan Uskup untuk bertemu dengannya pada hari Minggu berikutnya. .

Pintu dibuka, diantar seorang umat. Masuk ke dalam, memberitahu pada sang gembala, ada tamu dari jauh. Mgr. Riana keluar dari kamarnya. Dengan ramah, ia menyapa. Lalu memberi salam seraya bertanya, "Sudah makan pagi?"

"Belum!" sahut penulis, jujur.

"Ayo ke ruang makan!" ajak uskup.

Penulis mendapat kehormatan ditawari makan pagi dan minum poki bersama Mgr. Pius Riana Prapdi yang berulang tahun hari ini (5 Mei 2024).

Jadilah pagi itu penulis minum kopi dan sarapan bersama uskup Ketapang. Tentu ini suatu kehormatan. Disertai dengan obrolan, dan diskusi, penuh dengan kehangatan.

Siapa uskup Ketapang?

Mgr. Pius Riana Prapdi, lahir pada 5 Mei 1967, menjabat sebagai Uskup Keuskupan Ketapang dan merupakan seorang imam diosesan.Walaupun lahir di Kabupaten Paniai, Papua, masa remajanya dihabiskan di Nandan, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ia memulai pendidikan di Seminari Menengah Santo Petrus Kanisius, Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada tahun 1983. Setelah menyelesaikan pendidikan di seminari tersebut pada tahun 1987, ia melanjutkan pendidikan sebagai imam di Keuskupan Agung Semarang dan ditahbiskan pada tanggal 8 Juli 1995.

Mgr. Pius Riana Prapdi telah menjabat sebagai Vikaris Jenderal saat Mgr. Ignatius Suharyo menjabat sebagai Uskup Agung Semarang. Ketika Mgr. Suharyo dipindahkan menjadi Uskup Agung Koadjutor Jakarta, Mgr. Riana diangkat oleh Dewan Imam sebagai Administrator Diosesan Keuskupan Agung Semarang. Kemudian, setelah Mgr. Johannes Pujasumarta menjadi Uskup Agung Semarang, Pius kembali ditunjuk sebagai Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Semarang.

Pada tanggal 25 Juni 2012, Paus Benediktus XVI menunjuk Pius sebagai Uskup Keuskupan Ketapang menggantikan Mgr. Blasius Pujaraharja yang telah pensiun, pengumuman ini dilakukan oleh Nuncio Apostolik Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Antonio Guido Filipazzi.

Pelayanan dalam Kasih

Motto keuskupan beliau adalah "Pelayanan dalam Kasih" (Serviens in Caritate), yang berasal dari dialog antara Yesus dengan Simon Petrus (lihat Yohanes 21:15–18).

Pada hari Minggu, 9 September 2012, Mgr. Pius Riana Prapdi diangkat menjadi Uskup Keuskupan Ketapang. Penahbis Utama dalam upacara tersebut adalah Mgr. Blasius Pujaraharja, uskup sebelumnya, sementara Mgr. Hieronymus Herculanus Bumbun, OFM Cap., Uskup Agung Pontianak, dan Mgr. Johannes Pujasumarta, Uskup Agung Semarang, bertindak sebagai Uskup Ko-konsekrator.

Mgr. Prapdi juga bertindak sebagai Uskup Ko-Konsekrator bagi Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM Cap., bersama dengan Mgr. Giulio Mencuccini, CP, Uskup Sanggau. Mgr. Agustinus Agus, Uskup Agung Pontianak, bertindak sebagai Pentahbis Utama.

Ad multos annos!

--Masri Sareb Putra

LihatTutupKomentar
Cancel