Pantak Padagi didirikan di Balai Kepatihan Jaga Pati

Alexander Wilyo, Pantak Padagi, Hulu Aik, Ketapang, Patih Jaga Pati, Petrus Singa Bansa

Prosesi dan proses pendirian Pantak Padagi di Balai Kepatihan Jaga Pati, Ketapang.

PATIH JAGA PATI : Dalam peresmian Kepatihan Jaga Pati di Ketapang, 4 Mei 2024, Patih Jaga Pati Raden Cendaga Pintu Bumi Jaga Banua Alexander Wilyo menyampaikan pentingnya penulisan sejarah Kerajaan Hulu Aik. 

Didorong oleh Masri Sareb Putra, putra Dayak seorang pegiat literasi di Jakarta, Wilyo menekankan perlunya mendokumentasikan, menggali kembali, dan mengabadikan peristiwa serta hal ihwal terkait Kerajaan Hulu Aik.

"Agar sejarah kerajaan Hulu Aik terdokumentasikan secara baik. Buku ini telah mulai menulis dan mengabadikan hasil rekonstruksi eksistensi kerajaan masa lampau yang kini rajanya ke-51 yakni Petrus Singa Bansa. Adapun wilayahnya meliputi Laman Sembilan Domong Sepuluh>"

Video sebagai dokumentasi sejarah

Dalam upaya ini, berbagai narasi, foto, dokumen, dan video terkait pun dibuat dan dipublikasikan. Sebagai contoh, salah satu video yang tersedia adalah "Pendirian Ponti' atau Pantak Padagi di Balai Kepatihan Jaga Pati Laman Sembilan Domong Sepuluh Kerajaan Hulu Aik di Kota Ketapang", yang berlangsung pada tanggal 3 Mei 2024, sehari sebelum seremoni peresmian.

PROSESI PENUH NUANSA #pantakpadagi #ponti' #ritual #tradisi #dayak #shorts

Video tersebut memperlihatkan momen bersejarah ketika Ponti' atau Pantak Padagi didirikan di Balai Kepatihan Jaga Pati, yang merupakan laman suci bagi Kerajaan Hulu Aik. Pada laman yang kaya akan sejarah tersebut, seremoni pembangunan Ponti' menjadi suatu penghormatan atas warisan budaya dan tradisi yang kaya dari Kerajaan Hulu Aik.

Melalui upaya dokumentasi ini, Kerajaan Hulu Aik tidak hanya diabadikan dalam sejarah, tetapi juga dipromosikan kepada masyarakat luas, memperkuat kesadaran akan warisan budaya yang berharga dan penting untuk dilestarikan. (X-5)

LihatTutupKomentar
Cancel