Sekda Ketapang, Alexander Wilyo Menghadiri RAT CU Pancur Solidaritas

Sekretaris Daerah, Sekda, Ketapang, Alexander Wilyo, Rapat Anggota Tahunan, RAT, Credit Union, Pancur Solidaritas, CUPS

 

Alexander Wilyo (tengah) menghadiri dan membuka  Rapat Anggota Tahunan (RAT) Credit Union Pancur Solidaritas (CUPS) Tahun Buku 2023 di Ballroom Borneo Emerald Hotel Ketapang, Sabtu (24/2/2024).

Mewakili Bupati, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo, S. STP., M. Si., yang juga Patih Jaga Pati Laman Sembilan Domong Sepuluh Kerajaan Hulu Aik menghadiri Pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Credit Union Pancur Solidaritas (CUPS) Tahun Buku 2023 di Ballroom Borneo Emerald Hotel Ketapang, Sabtu (24/2/2024).

Baca Daud Yordan Raih Suara Terbanyak (Sementara) DPD Kalimantan Barat Tanpa Politik Uang

RAT rutin diadakan setiap CU. Biasanya akhir bulan Februari - Maret. Sebagai ujud pertanggungjawaban pengurus, evaluasi total, pengambilan keputusan tertinggi, serta pemilihan pengurus baru jika telah tiba waktunya pergantian pengurus.

Apresiasi Pemrintah pada CU Pancur Solidaritas

Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo menyampaikan apresiasi, sekaligus mengucapkan terima kasih kepada CU Pancur Solidaritas, yang sudah berkontribusi terhadap pemerintah dan masyarakat  Kabupaten Ketapang, khususnya di bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Baca Credit Union (CU): Financial Literacy Dayak Kalimantan

Menurut Alexander Wilyo, kalau dilihat dari segi asetnya, CU Pancur Solidaritas, yang sudah mencapai 493.744.217.835 -- kalau dikalkulasi, maka akan memiliki market share, ekonomi share, serta daya ungkit yang sangat luar biasa untuk masyarakat Kabupaten Ketapang. 

"Oleh karena itu, saya berharap CU Pancur Solidaritas semakin berkembang, semakin jaya, dan tetap menyala, tetap eksis," kata Alexander Wilyo.

Sekda Ketapang, yang kerap disapa Patih Alex pun sangat mendukung rencana CU Pancur Solidaritas untuk ekspansi ke Kaltim, sampai ke IKN. "Ini sangat luar biasa. Dan mudah-mudahan bisa terwujud," tandas Patih Alex.

Selanjutnya, Patih Alex, yang sekarang lagi trend disapa AW mengatakan bahwa masalah koperasi ini  menjadi salah satu perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang, yang memiliki 634 koperasi; walaupun yang aktif cuma 40 persen saja. Yang tidak aktif itu, diantaranya, ada yang tidak pernah RAT, ada yang tidak pernah beganti pengurusnya 2 sampai 3 periode.

"Ini, saya kira agak aneh dan koperasi-koperasi yang seperti itu, ke depan akan kita benahi; baik itu koperasi perkebunan, koperasi simpan-pinjam, koperasi produsen, dan lain-lainnya itu supaya bisa sehat dan produktif sehingga berkontribusi untuk daerah," ujar AW.

Sekali lagi, atas nama Pemerintah Kabupaten Ketapang AW sangat mengapresiasi apa yang telah dicapai oleh CU Pancur Solidaritas. 

"Capaian-capaian yang sangat luar biasa itu agar dapat dipertahankan, agar dapat dikembangkan, dan semoga terus berjaya," ujarnya.

AW juga sangat berterima kasih atas kontribusi CU Pancur Solidaritas terhadap masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang. 

"Kami tetap menunggu andil-andil dari CU dalam aspek yang lebih luas, tidak hanya pada urusan simpan-pinjam, tetapi juga berkontribusi juga terhadap aspek lain, seperti lingkungan, pemberantasan kemiskinan," tuturnya.

Baca Dayak Tidak Dari Mana Pun, Melainkan Asli Borneo

Turut hadir pada RAT CUPS kali ini antara lain Mgr. Pius Riana Prapdi (Uskup Ketapang), pengurus Pusat Koperasi Keredit Khatulistiwa (Puskhat), Kadis Perindagkop Kabupaten Ketapang, Camat Delta Pawan, seluruh pengurus, Pengawas, dan manajemen CU Pancur Solidaritas.

"Saya, atas nama Pemerintah Daerah mengucaplan selamat dan sukses terselenggaranya RAT Tahun Buku 2023 ini. Semoga CU Pancur Solidaritas tetap jaya, semakin berkembang, dan selalu menyala sampai kapan pun,” harap Sekda.

Mengakhiri sambutannya, Sekda Ketapang pun menyampaikan tiga pantun:

Bukan kacu sembarang kacu
Kacu dijemur di atas atap
Bukan CU sembarang CU
CU Pancur Solidaritas memang mantap

Burung tekukur terbang ke atas
Mencari makan hinggap di ladang
Saya ucapkan selamat dan sukses kepada CU Pancur Solidaritas
Semoga selalu membawa kemajuan untuk masyarakat Kabupaten Ketapang

Ke pasar lama di waktu petang
Hendak membeli selembar bendera
Mari kita bersama-sama membangun Kabupaten Ketapang
Untuk mewujudkan Ketapang yang maju dan sejahtera

Ditandai dengan pemukulan gong

Pembukaan RAT CU Pancur Solidaritas Tahun Buku 2023 ditandai dengan pemukulan gong. Untuk memukul gongnya, Sekda Ketapang mendaulatkannya kepada Uskup Ketapang, Mgr. Pius Riana Prapdi. Daulat kepada Mgr. Pius Riana Prapdi ini adalah sebagai bentuk penghargaan dari Sekda Ketapang, sekalian memohon berkat dari Uskup Ketapang.

Pemukulan gong oleh Mgr. Pius Riana Prapdi turut disaksikan antara lain oleh pengurus Pusat Koperasi Keredit Khatulistiwa (Puskhat),

Kadis Perindagkop Kabupaten Ketapang, Camat Delta Pawan, seluruh pengurus, Pengawas, dan manajemen CU Pancur Solidaritas.

  • Thomas Tion

LihatTutupKomentar
Cancel