Buku Lontaan untuk Patih Jaga Pati

Lontaan, Patih Jaga Pati Wilyo,

Buku Lontaan untuk Patih Wilyo
 Buku Lontaan untuk Patih Wilyo

PATIH JAGA PATI :
Sejarah – Hukum Adat dan Adat Istiadat Kalimantan Barat adalah buku karya peneliti, sekaligus penulis berdarah Manado, J.U. Lontaan. Buku klasik, terbit tahun 1976. Diterbitkan Pemda Tingkat I Kalbar, buku ini terkategori “langka”.

Tidak mudah mendapatkannya! Saya membeli 2 eks di Anjungan Kalbar, Taman Mini Indonesia Indah belasan tahun lalu. Satu saya kasih ayah, L.C. Sareb yang –konon kabarnya– dipinjam orang, lalu tidak pernah kembali lagi.


Satu untuk saya, arsip. Sedangkan 1 lagi, khusus saya dapatkan. Untuk seorang yang gemar sejarah, yang tinggi curiosity-nya. Masih muda, kepala 4. Namun, kariernya di bidang pemerintahan dan birokrasi, tergolong moncer.


Bayangkan! Umur 40 tahun sudah menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang.


“Tolong temukan buku itu untuk saya,” pesannya sebulan lalu. Saya berjanji menemukannya.

Dan hari ini (11-01-2023) saya menyerahkan buku yang diinginkan oleh Sang Patih itu langsung. Setelah kami diskusi cukup lama, antusias, sekaligus dalam suasana santai di sebuah restoran hotel *** di jantung kota Jakarta.


Baca Patih Jaga Pati Pewaris Dan Penjaga Sejarah, Adat Serta Nilai Tradisi Kerajaan Ulu Aik


Siapakah Patih Jaga Pati Alexander Wilyo? Anda bisa Googling https://id.wikipedia.org/wiki/Alexander_Wilyo#:~:text=Alexander%20Wilyo%2C%20S.STP.,sebagai%20Sekretaris%20Daerah%20Kabupaten%20Ketapang.


Poin kita kali ini adalah tentang buku. Bahwa tidak lengkap, jika seorang pencinta dan sejarawan tidak memiliki dan memamah biak buku klasik ini.


Memang di sana sini bercampur legenda dan mitos dengan sejarah. Pandai pandailah memilah mana fakta dan bukan-fakta (factum et fictum). Namun, menurut hemat saya, buku ini “buruk buruk papan jati”. 


Buku Lontaan untuk Patih Wilyo
 Buku Lontaan untuk Patih Jaga Pati.

Bagai papan jati, ia tetap berguna. Ketika meneliti dan menapak tilas bekas-bekas kerajaan, kesultanan, dan keraton di Kalimantan; buku ini menjadi panduan saya.

Semacam membimbing untuk menemukan keping-keping peristiwa, yang tak termuat dalam buku ini. Studi inter-teks.


Maka Anda, yang (masih memiliki dan menyimpan) buku ini, akan menjadi seperti “lebih tahu” Sejarah, Hukum Adat, dan Adat Istiadat Kalimantan Barat  dibanding yang lain.


Baca Patih Jaga Pati


Patih Wilyo, yang lengkap gelarnya “Patih Jaga Pati Raden Cendaga Pintu Bumi Jaga Banua Alexander Wilyo, S. STP, M. Si.” sebagai Patih Jaga Pati Desa Sembilan Domong Sepuluh Kerajaan Hulu Aik; menjadikan sejarah guru-terbaik. Historia docet. Bahkan dia sendiri sedang menulis sejarah itu sendiri!


Di kepatihan di Ketapang. Sang Patih mendirikan perpustakaan Dayak lengkap sepanjang abad. Kini Sekda termuda tengah mengoleksi buku-buku terkait. 

LihatTutupKomentar
Cancel