Taman Nasional di Kalimantan

Taman Nasional, Kalimantan, Bukit Baka-Bukit Raya, Betung Karimun, Kayan Mantarang, Danau Sentarum, Sebangau,Taman Nasional Kutai, Tanjung Puting, Gun

 

PATIH JAGA PATI : Kalimantan, pulau terbesar ke-3 dunia dengan luas 743.330 km², disebut "paru-paru dunia". Jika paru-paru rusak, maka hancur seluruh tubuh. Itu sebabnya, pada ketika ini Kalimanta mejadi sorotan. Sekaligus pusat perhatian dunia. 

Salah satu upaya tetap melestarikan dan menyehatkan paru-paru Kalimantan adalah menjaga hutan adat, tanah ulayat. 

Taman Nasional di urutan kedua. Manfaat Taman Nasional adalah warisan alam, namun tanpa manusia penghuninya. Hutan adat  adalah warisan alam untuk dan milik manusia.

Baca juga Potensi Sumber Daya Alam Sandai

Taman Nasional adalah area pelestarian alam yang memiliki ekosistem asli dan dikelola dengan sistem zonasi untuk berbagai tujuan seperti penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, budidaya, pariwisata, dan rekreasi. 

Taman nasional merupakan salah satu jenis kawasan konservasi yang dilindungi dari perkembangan manusia dan polusi, biasanya oleh pemerintah pusat.

Taman nasional masuk dalam kategori II dari World Conservation Union, yang menunjukkan tingkat perlindungan tertentu. Salah satu taman nasional terbesar adalah Taman Nasional Greenland Timur Laut, yang didirikan sejak tahun 1974. 

Taman nasional ini berfungsi sebagai tempat pelestarian lingkungan alami, flora, dan fauna yang berharga, serta menjadi sumber pengetahuan dan keindahan alam bagi masyarakat dan wisatawan.

Taman Nasional Gunung Palung terletak di Provinsi Kalimantan Barat dengan luas 90.000 Ha, mencakup hutan Mangrove, hutan rawa, hutan rawa air tawar, dan hutan pegunungan. 

Flora yang dapat ditemukan di sana antara lain meranti, kayu ulin, keruing, dan ramin. Fauna yang hidup di taman nasional ini meliputi orang utan, kijang, dan ayam hutan.

Nomor satu adalah menjaga hutan adat, tanah ulayat. Taman Nasional di urutan kedua. Manfaat Taman Nasional adalah warisan alam, namun tanpa manusia penghuninya. Hutan adat  adalah warisan alam untuk dan milik manusia.

Taman Nasional Tanjung Puting terletak di Provinsi Kalimantan Tengah bagian Selatan dan memiliki luas 173.330 Ha. Taman ini mencakup beragam ekosistem, seperti hutan hujan tropis dataran rendah, hutan tanah kering, hutan rawa air tawar, hutan mangrove, hutan pantai, dan hutan sekunder. 

Di antara flora yang tumbuh di sana adalah jelutung, ramin, meranti, dan kayu ulin. Sementara itu, fauna yang hidup di taman nasional ini termasuk orang utan, beruang madu, macan dahan, dan buaya muara.

Keunikan dan kekhasan Taman Nasional Tanjung Puting terletak pada ekosistemnya yang kaya dan beragam, terutama dalam hal keanekaragaman hayati. 

Salah satu daya tarik utama Taman Nasional Tanjung Puting adalah sebagai rumah bagi populasi besar orangutan, salah satu spesies kera besar yang terancam punah. Taman ini menyediakan habitat penting bagi orangutan dan telah menjadi tempat suksesnya program rehabilitasi orangutan yang dilakukan oleh para ahli dan lembaga konservasi.

Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya berada di pegunungan Swener dan Muller, di perbatasan Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Taman ini memiliki luas 181.090 Ha dan mencakup hutan hujan tropis serta hutan pegunungan. 

Flora yang dapat ditemukan di sini meliputi jelutung, ramin, meranti, kayu ulin, anggrek, rotan, dan palem. Sementara itu, fauna yang hidup di taman nasional ini antara lain kancil, bekantan, beruang madu, ayam hutan, kijang, dan badak Sumatera.

Baca Krayan: Sepotong Surga Yang Jatuh Ke Bumi

Taman Nasional Betung Karimun terletak di wilayah Kalimantan Barat dan memiliki luas 800.000 Ha, mencakup hutan dataran rendah dan dataran tinggi. Beberapa flora yang dapat ditemukan di sana adalah jelutung, pandan, cemara gunung, dan gaharu. Sementara itu, fauna yang hidup di taman nasional ini termasuk orang utan, rusa, dan burung enggang.

Taman Nasional Kayan Mantarang terletak di Provinsi Kalimantan Utara dan memiliki luas 1.360.900 Ha. Taman ini terdiri dari hutan dataran rendah dan hutan pegunungan yang selalu ditutupi kabut tebal. Flora yang tumbuh di sana antara lain jelutung, meranti, kayu ulin, dan gaharu. Sementara itu, fauna yang hidup di taman nasional ini meliputi orang utan, bekantan, kijang, gajah Kalimantan, macan dahan, dan ayam hutan.

Taman Nasional Danau Sentarum terletak di wilayah provinsi Kalimantan Barat dan memiliki luas 102.000 Ha. Taman ini mencakup sekitar danau Sentarum dari kabupaten Sanggau sampai perbatasan Serawak, Malaysia. 

Flora yang tumbuh di sana termasuk jelutung, paku-pakuan, dan tanaman rawa. Sementara itu, fauna yang hidup di taman nasional ini antara lain ikan arwana, muncak, dan berbagai jenis burung.

Taman Nasional Kutai terletak di kabupaten Kutai, Provinsi Kalimantan Timur, dengan luas 198.629 Ha yang meliputi Kutai Timur, Kutai Kartanegara, dan Bontang. Taman ini mencakup ekosistem hutan dataran rendah sampai dataran tinggi dengan hutan tropis. Beberapa flora yang tumbuh di sana adalah mangrove, bakau, jelutung, gaharu, dan kayu ulin. 

Sementara itu, fauna yang hidup di taman nasional ini termasuk orang utan, bekantan, beruang madu, macan dahan, kijang emas, pesut mahakam, dan buaya muara.

Taman Nasional Sebangau terletak di Kalimantan Tengah dan memiliki luas 568.700 Ha yang meliputi kabupaten Katingan, Palang Pisau, dan Palangkaraya. Flora yang dapat ditemukan di sana mencakup ramin, meranti, jelutung, kapur naga, dan aneka anggrek. 

Adapun fauna yang hidup di taman nasional ini termasuk orang utan, burung rangkong, bekantan, beruang madu, macan dahan, owa, monyet ekor panjang, dan buaya muara. (X-5)

LihatTutupKomentar
Cancel