Pasak Bumi: Tanaman Perkasa dari Borneo

pasak bumi, khasiat, tanaman obat, kuat, malaria

  

Dua pemuda Jangkang, Midin dan Fidell mencabut pasak bumi. 

PATIH JAGA PATI : Pasak bumi dalam bahasa Indonesia.  Tongkat ali, orang Malaysia menyebutnya. Istilah Latin, atau dunia ilmiahnya adalah eurycoma longifolia. 

Akarnya tunggal. Nancap dalam. Memasak bumi. 

Anehnya, untuk mendapatkan pasak bumi, kita harus taat dan kuat pada pantangan tertentu.

Baca El's Coffee : Kopi Rasa Durian Nikmatnya Tiada Tara

Benarkah pasak bumi menambah tenaga, khususnya menambah keperkasaan kaum pria? Mitoskah itu? Ataukah, suatu kenyataan yang tidak dapat dimungkiri? Pasak bumi kian sulit ditemukan. Dari ibu kota provinsi Kalbar, Pontianak, tanaman langka ini baru dapat kita temukan hampir 450 km. Jauh masuk pedalaman, di daerah perbatasan dengan Sarawak, Malaysia.

Dua pantangan ihwal pasak bumi. Pertama, sebelum dan selama mencari pasak bumi, jangan mengeluarkan kata-kata yang kotor dan jorok. Kedua, kalau sudah ketemu, mencabut pasak bumi harus menghadap ke belakang pohon, tidak boleh menghadap langsung.

Baca Tasam: Pesona Nikmatnya Buah Tropis Khas Kalimantan

Tanaman langka ini sebenarnya tumbuh di rerimbunan pohon lain. Nama latinnya eurycoma longifolia, orang Malaysia menyebutnya tongkat ali, sementara di Indonesia disebut juga sebagai bidara pahit. 

Tumbuh dan kembangnya pasak bumi tidak berkelompok. Jarang ditemukan berdekatan, sering tumbuh satu satu. Kalau tidak awas, tanaman ini sulit untuk dikenali. Tidak setiap orang punya nyali menemukannya, untung-untungan.

Batang pohon pasak bumi sebenarnya kecil. Yang sudah bermanfaat mulai dari sebesar jempol jari. Ada yang sampai sebesar betis, namun paling besar sepaha orang dewasa. 

Walau sebesar jempol jari, jangan dikira gampang mencabut tanaman ini. Sukar sekali! Akarnya sangat dalam, jauh masuk  ke bumi. Bahkan, kalau tidak tahu cara mencabutnya, kita bisa gagal total mendapatkan tanaman itu.

Berjalan kaki sekitar satu jam dari Jangkang, kami sampai pada sebuah bukit. Tidak begitu perawan, namun hutannya masih lestari. Ada air terjun setinggi 12 meter mengalir bebas. 

Di lembah bukit, hawa sejuk segar. Bebatuan halus terhampar di sepanjang sungai “Itu”.

Diyakini tanaman yang dapat meningkatkan keperkasaan pria, pasak bumi kini menjadi komoditas yang diperdagangkan di mana-mana. Sulit didapat, hanya orang yang punya nyali. Kalau sudah ketemu, mencabutnya harus menghadap ke belakang pohon.

Akar pasak bumi yang sudah dipotong dan siap dibentuk. (B) Gelas pasak bumi yang diperjualbelikan di pasar di Pontianak. Tinggal menuangkan air hangat ke dalamnya, dan ketika air masuk ke dalamnya berwarna kunging, siap ditenggak seperti minum teh.

 Di kaki Sungai Itu habitat pasak bumi. Khasiatnya, selain menambah tenaga, pasak bumi juga diyakini bermanfaat menyembuhkan banyak penyakit. Misalnya, sakit malaria dan muntaber. Kalau dalam keadaan genting, dan air panas tidak tersedia, penderita cukup menggigit akar pasak bumi. Kalau di alam mulut sudah terasa pahit, maka langsung saja dikonsumsi sebagai obat.

Usai dicabut, akar pohon pasak bumi lalu dicuci. Baru dijemur dan dikeringkan. Setelah kering, akar pasak bumi siap untuk dikonsumsi. Bisa diiris halus, lalu disedu dengan air hangat tanpa sabun, masukkkan ke dalam gelas, baru siap diminum.

Baca Gaharu Dan Teknik Inokulasi Pecepatan Hasil Panennya

Kalau tidak mau repot-repot meracik sendiri dari akar langsung, pasak bumi pun tersedia dalam bentuk gelas atau piala. Ukurannya sama dengan gelas biasa. 

Gelas akar pasak bumi ini banyak dijual di pasar-pasar. Juga tersedia di pusat kerajinan tradisional Dayak Kalbar, di sepanjang jalan Pattimura, Pontianak.

Gelas pasak bumi tinggal dituangkan saja air hangat. Setelah beberapa menit, akan menghasilkan warna kuning. Manfaatnya baru terasa beberapa jam kemudian. Entah sugesti, ataukah oleh karena mengandung manfaat, badan terasa segar dan ringan setelah menenggak minuman itu.

Mitos atau bukan, yang jelas pasak bumi, tanaman khas Kalimantan, kini sudah jadi komoditas. Bahkan diekspor ke mancanegara Jangan dilihat harganya yang  mahal (secangkir gelas pasak bumi di Pontianak Rp30.000,00). Namun, lihatlah manfaatnya. Secangkir pasak bumi, terbukti sanggup meningkatkan gairah dan keperkasaan. 

Baca https://www.patihjagapati.id/2023/10/ulang-uli-ikan-hias-eksotik-khas.html

Pasak bumi pun berfungsi sebagai jadi tanaman obat yang dapat menyembuhkan penyakit malaria dan muntah berak.

LihatTutupKomentar
Cancel