Institut Teknologi Keling Kumang akan Launching 50 Buku Ber-ISBN Sekaligus Catat Rekor MURI

Institut Teknologi Keling Kumang, ITKK, Sekadau, MURI, rekor, 50, buku, ISBN, sivitas akademika, Puslitdianmas

Dr. Sefanus Masiun, Rektor Institut Teknologi Keling Kumang
.

PATIH JAGA PATI : Institut Teknologi Keling Kumang (ITKK) Sekadau berkolaborasi dengan Universitas Kapuas (Unka) Sintang untuk memenuhi jumlah 50 buku ber-ISBN pada acara puncak peremsian kampus dan gedung baru ITKK di Sekadau, tahun 2024.

Baca Rektor UNKA SINTANG NOMINASI

Masri Sareb Putra, M.A., Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (Puslitdianmas) ITKK bersama Adil Bertus AA, M.M., Wakil Rektor I ITKK,  dipercayakan untuk melaksanakan perbitan 50 buku ber-ISBN yang ditulis oleh sivitas akademika ITKK. 

Adil Bertus AS, M.M.
Penerbitan sekaligus peluncuran 50 buku karya sivitas akademika ITKK ini merupakan bagian dari peresmian kampus baru ITKK yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Rekor MURI

"Lebih dari sekadar acara seremonial, peresmian kampus baru ITKK akan ditandai oleh signifikansi akademis, nilai sejarah, dan warisan. Bahkan bisa menciptakan rekor  Museum Rekor Indonesia (MURI). Khususnya mencatatkan diri sebagai kampus pertama di Indonesia yang meluncurkan 50 buku ber-ISBN secara bersamaan," ujar Dr. Sefanus Masiun di Tapang Sambas pada 414/12-2023.

Dalam memastikan kualitas akademis dan keandalan naskah buku, Masri melakukan diskusi dengan Dr. Antonius, Rektor Universitas Kapuas, Sintang. Antonius menyambut baik tawaran kerja sama dari ITKK, menekankan perlunya kolaborasi daripada persaingan.

Baca UPR Mencetak Dan Melahirkan Profesor Dayak Terbanyak

Masri Sareb Putra, M.A.

"Saatnya bagi kita untuk berkolaborasi, bukan bersaing," ungkap Rektor Unka. Masri menjelaskan bahwa meskipun naskah berasal dari luar ITKK, pihak internal tetap akan terlibat secara aktif, baik sebagai editor maupun pengawas.

Fokus pada Keterlibatan Akademis

Masri menekankan bahwa ITKK tetap akan menjadi pusat utama kegiatan, mempertahankan inisiatif dan kreativitasnya. Meskipun ada kontribusi dari luar, keterlibatan tim internal sebagai editor dan pengawas menegaskan komitmen ITKK terhadap kualitas.

Baca Sekda Ketapang Selesaikan Tugasnya Sebagai Peserta Pelatihan Kepeminpinan Nasional Tingkat I Angkatan Ke-58 LAN

"Bukan hanya tentang jumlah buku yang diterbitkan. Penulisan dan penerbitan 50 buku ber-ISBN ini tentang mengurat catatan sejarah dengan meresmikan kampus baru ITKK secara istimewa. Sejauh yang kami tahu, belum ada satu pun kampus di Indonesia yang meluncurkan 50 buku ber-ISBN secara bersamaan," papar Masri, seorang penulis produktif dan tokoh sastra dari Angkatan 2000 dalam Sastra Indonesia.

Baca Dayak Tidak Dari Mana Pun, Melainkan Asli Borneo

Kolaborasi antara ITKK dan Universitas Kapuas tidak hanya memperlihatkan upaya akademis yang signifikan. 

Gedung rektorat dan kampus baru ITKK, Jl. Merdeka Timur, Sekadau.

Lebih dari itu, juga bertujuan untuk mengguratkan sejarah. Yakni dengan peluncuran 50 buku yang belum pernah terjadi sebelumnya ketika acara peresmian gedung rektorat dan kampus baru ITKK, di Jalan Sintang pada tahun 2024.

(Ruma Kencana)

LihatTutupKomentar
Cancel