Sekda Ketapang Selesaikan Tugasnya Sebagai Peserta Pelatihan Kepeminpinan Nasional Tingkat I Angkatan ke-58 LAN

Sekda, Ketapang, Kepeminpinan Nasional, Tingkat I, Angkatan ke-58, LAN, Patih Jaga Pati, Harisson, Alexander Wilyo, Ibu Kota Negara


PATIH JAGA PATI Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, yang juga Patih Jaga Pati Laman Sembilan Domong Sepuluh Kerajaan Hulu Aik, Raden Cendaga Pintu Bumi Jaga Banua, Alexander Wilyo, S. STP., M. Si. menyelesaikan tugasnya sebagai peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I, Angkatan ke-58, Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI. 


Sebagai salah seorang peserta PKN Tingkat I Angkatan ke-58, Sekda Ketapang pun melaksanakan Seminar Akhir Implementasi Proyek Perubahan (Proper). Tema seminarnya adalah “Penguatan Harmoni Sosial Melalui Kolaborasi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat untuk Mendukung Ibu Kota Negara.”

Duta Kalimantan


Seminar tersebut berlangsung di Ruang Strategi, Lantai 2, Gedung Graha Wisesa Lembaga Administrasi Negara (LAN), di Jakarta, pada Jumat, 1 Desember 2023.

Seminar tersebut juga merupakan rangkaian kegiatan Sekda Kabupaten Ketapang, yang menjadi duta Kalimantan dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan ke LVIII, yang diselenggarakan oleh LAN RI.








Dalam seminar itu, Sekda Ketapang, yang kerap disapa Patih Jaga Pati itu menyampaikan paparannya di hadapan Dr. Nana Rukmana, D.W.M.A., selaku pelatih (coach), Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi LAN-RI, Dr. Basseng, M.Ed., selaku penguji (Narasumber). 

Dukungan Pj. Gubernur Kalimantan Barat


Turut hadir juga melalui daring: Pj. Gubernur Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes., dan Bupati Ketapang, Martin Rantan, S,H.,M. Sos. Pj. Gubernur Kalimantan Barat dan Bupati Ketapang tersebut hadir secara daring sebagai  Mentor.

Saat seminar, Patih Alex memaparkan seluruh target jangka pendek, berupa ouput kegiatan dan evidence, yang harus dicapai pada tahap implementasi Proper berhasil diselesaikan dan dilaksanakan tepat waktu.

“Capaian ouput kunci Proper, yang berhasil diselesaikan diantaranya adalah tersusunnya Rancangan Peraturan Gubernur tentang Kolabrorasi Kebijakan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Sosialisasi dan FGD,” kata Sekda Alexander Wilyo. 

“Rancangan Peraturan Gubernur, kegiatan deklarasi pernyataan dukungan seluruh stakeholders terhadap Penguatan Harmoni Sosial Melalui Kolaborasi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, serta melaksanakan pelatihan kewira-usahaan pengelolaan kebun sawit mandiri berbasis teknis agronomi bagi petani sawit mandiri di Kecamatan Sungai Melayu Raya dan Kecamatan Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang oleh Pemerintah Kabupaten Ketapang kerjasama dengan PT. Limpah Sejahtera (First Resources Group),” tandasnya. 

Dalam pembahasannya, Dr. Basseng, M.Ed. menyampaikan apresiasi terhadap implementasi Proper, yang dilaksanakan oleh Sekda Kabupaten Ketapang tersebut. Dr. Basseng juga  mengucapkan selamat karena telah berhasil melaksanakan seluruh kegiatan sesuai target, yang ditetapkan di dalam milestone.

“Ke depan, harapannya hasil Proper ini tidak hanya diterapkan di Kalimantan Barat, tetapi dapat terus didorong menjadi kebijakan untuk diterapkan secara nasional,” ujar Dr. Basseng. 

Dukungan Pj. Gubernur Kalimantan Barat

Pj. Gubernur Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes. juga menyampaikan dukungan penuhnya atas Proper, yang dilaksanakan oleh Sekda Kabupaten Ketapang tersebut.  Harisson sangat mengapresiasi katena telah menjadikan Kalimantan Barat sebagai tempat implementasi Proper untuk mewujudkan harmoni sosial masyarakat.

Dukungan serupa disampaikan oleh Bupati Ketapang. Bupati Ketapang Martin Rantan pun menyampaikan apresiasi, penghargaan, serta terima kasih kepada LAN RI yang telah memberikan kesempatan kepada Sekda Ketapang  untuk mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I. 

“Hal ini sangat membanggakan karena merupakan satu-satunya wakil dari Kalimantan Barat, bahkan Kalimantan,” ujar Bupati Ketapang. 

Atas terselesaikannya Proper dan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan ke LVIII, Alexander Wilyo, atas nama pribadi dan sebagai Sekda Ketapang tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholders, baik Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat, Investor, Para Penggerak Swadaya Masyarakat dan Tenaga Pendamping Profesional, LSM, Pegiat Media, Akademisi, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tim Efektif Proper dan semua pihak yang telah memberikan dukungan terhadap pelaksanaan proyek perubahan ini.

Diketahui, Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan ke LVIII diikuti oleh 30 orang peserta dari berbagai profesi dan jabatan. Pembukaan PKN Tingkat I ke-58 tersebut dilaksanakan di Gedung Graha Makarti Bhakti Nagari, Kompleks Lembaga Administrasi Negara RI, Pejompongan, 24 Juli 2023 lalu.
(Thomas Tion)

LihatTutupKomentar
Cancel