Salampak Dohong, Profesor Dayak Rektor Universitas Negeri| Ensiklopedia Profesor Dayak 4

Salmpak Dohong, rektor, Universitas Palangka Raya, Dayak, Kemendikbudristek, Ilmu Lingkungan,

Prof. Dr. Ir. Salampak Dohong, satu dari 2 Rektor Universitas Negeri di Indonesia dari etnis Dayak. Sumber ilustrasi: Tabengan.
 

PATIH JAGA PATI : Salah satu dari dua rektor Universitas Negeri di Indonesia adalah Prof. Ir. Salampak Dohong, yang menjabat sebagai Rektor Universitas Palangka Raya saat ini.

Sementara rektor PTN yang lainnya adalah Prof. Dr. Adri Patton, Rektor Universitas Borneo Tarakan (UBT). Namun, siapakah sebenarnya Salampak Dohong?

Mulai dari Ketua Program Studi S-3 Ilmu Lingkungan

Perjalanan karier Salampak Dohong tidak terjadi dengan cepat dan tiba-tiba, melainkan melalui tahapan yang mapan dan perlahan.

Awalnya, beliau memulai karier akademisnya sebagai Ketua Program Studi S-3 Ilmu Lingkungan. Dengan dedikasi dan kontribusi yang konsisten dalam bidangnya, Salampak secara bertahap dan pasti meniti tangga karier akademiknya. Dalam perjalanan kariernya, Salampak tidak hanya menetap di satu posisi, tetapi terus menanjak ke atas. Ia kemudian diberi kepercayaan sebagai Wakil Rektor I, di mana tanggung jawabnya semakin bertambah dan berkembang. Peran sebagai Wakil Rektor I memberikan peluang untuk lebih terlibat dalam pengambilan keputusan strategis dan pengelolaan institusi pendidikan tinggi. Kemudian, setelah melewati berbagai tantangan dan pengalaman yang berharga, Salampak Dohong mencapai puncak karier akademisnya dengan terpilih sebagai Rektor. Kepemimpinan yang dimilikinya saat menjabat Wakil Rektor I menjadi modal penting dalam perjalanan menuju posisi rektor. Hal ini menunjukkan bahwa karier Salampak dibangun secara bertahap, membuktikan kemampuan dan dedikasinya dalam mengemban tanggung jawab kepemimpinan di lingkungan akademis.

Program Doktor pertama di UPR sebagai tonggak sejarah

Salampak Dohong adalah seorang guru besar Fakultas Pertanian di Universitas Palangka Raya. Beliau pernah menjabat sebagai Ketua Program Studi S-3 Ilmu Lingkungan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Palangka Raya No. 91/UN24/KP/2016 tanggal 23 Februari 2016. Program Doktor ini menjadi sejarah penting sebagai Program Doktor pertama di UPR.

Baca Lambut, Profesor Dayak Berhati Lembut | Ensiklopedia Profesor Dayak 3

Sebagai seorang akademisi, Salampak Dohong merupakan alumni Institut Pertanian Bogor (IPB), meraih gelar M.S. pada 20 Agustus 1993, dan gelar Doktor pada tanggal yang sama. Spesialisasinya melibatkan bidang kimia tanah, ekologi gambut, konservasi keragaman hayati, dan pengelolaan hutan lestasi.

Pada 7 September 2018, Salampak Dohong dipercaya untuk mengemban amanah sebagai Wakil Rektor I UPR.

Sebelumnya, Salampak pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Riset Daerah (DRD) Kalteng. Keterlibatannya dalam kajian dan diskusi ilmiah di bidangnya mencakup kolaborasi dengan pakar seperti Prof. Mitsuru Osaki, peneliti dari Hokkaido University, yang juga menjabat sebagai Ketua Himpunan Gambut Jepang.

Baca Usop : Ensiklopedia Profesor Dayak 1

Sebagai seorang akademik yang produktif, Salampak Dohong telah menghasilkan penelitian yang tercatat dalam Google Scholar dengan 5 karya risetnya. Karyanya telah dibaca oleh 564 orang dan dikutip oleh 157 penulis-peneliti lain, menunjukkan kontribusinya yang signifikan dalam dunia ilmiah.

Satu dari 2 Rektor Universitas Negeri di Indonesia

Prof. Dr. Ir. Salampak Dohong berhasil dipilih sebagai Rektor Universitas Palangkaraya (UPR) untuk masa jabatan 2022-2026. Proses pemilihan ini berlangsung pada Jumat, 26 Agustus 2022, di Ballroom PPIIG UPR, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Profesor Salampak meraih dukungan terbesar dengan memenangkan 32 suara dalam putaran kedua pemilihan. Jumlah suara tersebut merupakan hasil kumulatif dari 12 suara yang berasal dari Senat UPR dan 20 suara dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Dukungan yang signifikan dari Kemendikbudristek menjadi faktor utama dalam keberhasilan Prof. Salampak Dohong meraih posisi Rektor UPR untuk empat tahun dari 2022-2026.

Baca Yetrie : Ensiklopedia Profesor Dayak 2 Seluruh informasi terkait pemilihan ini telah dipublikasikan dalam sebuah artikel yang dapat diakses melalui situs kalteng.inews.id dengan judul "Resmi, Prof. Salampak terpilih menjadi Rektor Universitas Palangka Raya Periode 2022-2026.

Tentu saja, selain tonggak sekaligus catatan sejarah, terbesit kebanggan di balik capaian Salmpak sebagai salah satu dari 2 rektor Univrsitas Negeri di Indonesia dari etnis Dayak. Pasti tidak mudah meraih predikabilia, sekaligus prestasi, sebagai Rektor Universitas Negeri. (Masri Sareb Putra)

LihatTutupKomentar
Cancel