14 Februari : The Lost Valentine

The Lost Valentine, Betty White, Meghann Fahy, Billy Magnussen, Jennifer Love Hewitt, Sean Faris, Gil Gerard, Will Chase, Nadia Dajani

 ilustrasi

PATIH JAGA PATI : FILM yang yang beredar di Indonesia, jelang 14 Februari 2024, menuai kritik. Tajam. Pedas. 

Tapi lupakan film propaganda itu. Fokus saja ke film bermutu ini. Yang meski telah rilis belasan tahun silam, tetap dikenang sebagai film terbaik yang pernah rilis. Justru karena: organik, natural, tanpa tendensius, hanya mengangkat nilai-nilai kemanusiaan.

Film ini menjadi salah satu "kajian ilmu" komunikasi kami di jurusan Media Studies, Program Pasca Sarjana Universitas Pelita Harapan, bukan sekadar kritik film. Membidiknya dari sisi komunikasi intra, inter-personal, serta pesan-pesan kemanusiaan.

Judul film: The Lost Valentine
Didasarkan atas novel: James Michael Pratt
Riis: 
January 30, 2011 (USA)

Tonton full movie-nya: 0:04 / 1:26:50 The Lost Valentine

Pemain:

Tanggal dirilis: 30Januari 2011

SINOPSIS:
Cerita diawali dengan menggambarkan karakter seorang jurnalis TV, Susan Allison (Hewitt) yang dilukiskan sebagai profil seorang wanita pekerja, Caroline Thomas (White) yang suaminya Letnan penerbang angkatan laut Neil Thomas ditugaskan oleh MIA selama Perang Dunia II.

Susan segera bentrok dengan cucu Caroline, Lucas (Faris), ketika sengaja mendengar bahwa dia selalu mengulang cerita yang itu itu saja mengenai kepingan masa silam, bukan cerita yang sangat pribadi itu.

Baca Dayak Tidak Dari Mana Pun, Melainkan Asli Borneo

Dia minta maaf, dan mulai menikmati untuk menghabiskan waktu bersama kedua Thomas … dan persahabatannya dengan Lucas membuatnya ragu-ragu tentang hubungannya dengan calon tunangannya, Andrew.

Saat proses wawancara berlangsung, Mrs. Thomas hanya diam, tidak mau berkisah tentang suaminya selama enam puluh enam tahun dari Departemen Angkatan Laut. Susan berbalik ke Andrew untuk mencari informasi tambahan tentang hubungan mereka (yang pada akhirnya berpisah begitu saja) dan mendapati kenyataan bahwa ia sering meninggalkan negara, dan punya hubungan di tempat Letnan Thomas terakhir terlihat.

Dengan bala bantuan dari Senator Amerika yang ternyata menjadi tekanan bagi Angkatan Laut, mereka menemukan keluarga Billing, para penembak pesawat Thomas. Dari anak Billing diperoleh cerita tentang tragedi Morang, sebuah gerilya Filipina yang menyelamatkan penerbang angkatan laut yang terluka.

Didorong oleh rasa penasaran yang luar biasa atas atas perpisahan mereka, Andrew Hawthorne pergi ke Filipina dan membuat sebuah teleconference untuk Caroline dan Morang tua. Tentang nasib Letnan Thomas, Morang mengisahkan bahwa dia terluka parah.

Ketika Thomas telah pulih, di kembali ke belakang garis Jepang, ia bergabung dengan gerilyawan Filipina. Selama patroli, Letnan Thomas dibunuh oleh sniper Jepang. Morang tahu lokasi tempat pemakaman Letnan Thomas.

US Navy pergi ke situs kuburan 1944 dan kembali pada hari Valentine.  Mereka dulu berpisah di kereta juga pada hari Valentine. Saat perpisahan, kata terakhir yang diucapkan Caroline ialah, “Aku setia menunggumu di sini.” Ternyata, harapan yang diucapkan di hari Valentine itu telah hilang selamanya.

Caroline diberikan dompet Neil dan dogtags. Atas jasa Neil serta kerelaan Caroline melepaskan suaminya berninas untuk Negara, kepada sejoli itu dianugerahkan Navy CrossSilver Star dan Purple Heart. Letnan Thomas dimakamkan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat dengan upacara militer lengkap.

Caroline tidak dapat menyembunyikan rasa galau dan termanguanya ketika cucu tercinta dan wanita yang membantunya menemukan nasib Neil, sang pujaan hati. Puluhan tahun lamanya mereka terpisah, namun a romantic relationship tidak pernah lekang, bahkan oleh jarak dan waktu.

Hampir tiap sore Caroline Thomas ke stasiun, tempat mereka berpisah. Saat-saat perpisahan yang mengharukan itu. Caroline menyerahkan amplop sampul merah, berisi kartu valentine pada Neil.

Film “The Lost Valentine” menunjukkan komunikasi antarpribadi di mana dua pribadi dapat menangkap makna yang sama bahkan dalam berbagai situasi: diam, saling tatap, bibir gemetar, air mata, kartu valentine adalah komunikasi.

Baca Daud Yordan

Terjadi komunikasi antarpribadi antara Neil dan Caronile dan mereka menangkapmakna sama. 

Di sini genaplah apa yang dimaksudkan dengan komunikasi yang secara harfiah berasal dari kata Latin “communicare” (kata kerja) dan “communicatio” (kata kerja) yang berarti: pertukaran (makna) saling berbagi, ikut ambil bagian, kerja sama.

(Rangkaya Bada)

LihatTutupKomentar
Cancel