Mangga Dua Square, Jakarta: Surga Para Saudagar Gaharu (8)

gaharu, Mangga Dua Square, Jakarta, Kalimantan, kualitas teerbaik, tauke


  • Mangga 2 Square: Surganya para pedagang gaharu Indonesia.

Saat ini. Pasaran gaharu terbaik berasal dari Kalimantan. Sementara gaharu Papua, khususnya di Merauke, juga memiliki kualitas yang baik. 

Namun, gaharu dari Sumatra masih memiliki kualitas yang lebih rendah.

Informasi itu diungkapkan Ahau Siantan, salah satu pedagang besar gaharu di Mangga 2 Square. 

Secara kualitas, gaharu di Indonesia dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti gaharu super, double super, triple super, dan sinking. 

"Gaharu super dijual dengan harga berkisar antara 2.000-3.000 Dolar AS (USD), double super 4.000-5.000 USD, triple super 7.000-9.000 USD, dan sinking 50.000-100.000 USD. Harganya bervariasi tergantung pada kualitasnya," jelas Ahau. Ia seorang tauke gaharu asal Siantan, Pontianak, yang menjadi kaya dengan gaharu.
Berburu Gaharu Di Hutan Kalimantan

Gaharu yang banyak beredar saat ini sebagian besar merupakan kayu gaharu yang telah diolah. Jenis kayu ini umumnya telah tumbuh selama 15-20 tahun sebelum dipanen dan dicampur dengan resin untuk menghasilkan aroma yang khas. 

Gaharu olahan ini dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu kelas AB dengan harga sekitar Rp 1 juta dan kelas B dengan harga sekitar Rp 750 ribu.

Salah satu tempat yang menyediakan kayu gaharu adalah Mangga 2 Square, tempat di mana beberapa pedagang besar gaharu menjual produk mereka, termasuk Ahau Siantan.

Saat ini, pasaran gaharu terbaik berasal dari Kalimantan. Selain Timur Tengah, China dan India juga merupakan pasar utama pembeli gaharu dari Indonesia. 

Kayu gaharu saat ini menjadi salah satu komoditas yang sangat diminati karena aroma wangi yang dimilikinya, sering digunakan dalam aromaterapi. Selain digunakan sebagai pengharum ruangan, kayu ini juga dijadikan bahan untuk pembuatan tasbih dan gelang. Minyak kayu gaharu hasil penyulingan digunakan sebagai wewangian atau parfum.
Baca Berburu Gaharu Di Hutan Kalimantan (6)

Indonesia adalah salah satu produsen kayu gaharu terbaik di dunia, dengan sebagian besar ekspornya menuju Timur Tengah. 

"Timur Tengah tetap menjadi pasar terbesar untuk gaharu karena mereka memiliki kebiasaan membakar gaharu pada pagi dan sore hari atau saat menyambut tamu kehormatan," kata Ahau Siantan, salah satu pedagang besar gaharu di Mangga 2 Square, Jakarta Utara. 

Selain Timur Tengah, China dan India juga merupakan pasar utama pembeli gaharu dari Indonesia. 
Baca Gaharu Di Hutan Kalimantan : "Kayu Surgawi" Tercatat Dalam Sutra Nirvana

"Orang China menggunakan gaharu untuk keperluan keagamaan, dan membeli gaharu sinking menjadi tanda gengsi bagi orang kaya di China," imbuh Ahau.

Kayu gaharu terbaik di Indonesia diperoleh dari Kalimantan, Papua, dan Sumatra.
(Bersambung)

LihatTutupKomentar
Cancel