Limbah Sawit untuk Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg)

limbah, sawit Pembangkit Listrik Tenaga Biogas, PLTBg, Krisman Sitinjak, Asian Agri, Tandan Buah Segar, TBS

 

Inovasi: mengolah barang lama menjadi bentuk atau produk baru seperti Asian Agri dengan produk PLTBg. Gmbar: https://docplayer.info/122982778-Dinamika-internal-newsletter-asian-agri-be-consistent.html


 PATIH JAGA PATI: Pemanfaatan limbah sawit dalam bentuk biogas untuk Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) menawarkan manfaat besar bagi masyarakat dan lingkungan. 

Dengan kemajuan teknologi, limbah kini bisa diolah menjadi: berkah. Lihatlah apa yang dilakukan salah satu pemain industri sawit negeri ini, dan di aras dunia.

Asian Agri dan  PLTBg

Asian Agri, sebagai pemain utama di sektor swasta, telah mencapai pencapaian yang signifikan dengan membangun tujuh unit PLTBg yang menggunakan limbah cair dari pabrik minyak kelapa sawit (PMKS) sebagai bahan bakar. 

Baca Luasan Lahan Sawit Di Ketapang Dan Manfaatnya

Krisman Sitinjak dari Asian Agri menegaskan bahwa pabrik minyak kelapa sawit dengan kapasitas produksi 60 ton Tandan Buah Segar (TBS) per jam dapat menghasilkan hingga dua Megawatt energi listrik melalui konversi limbah menjadi biogas.

Pentingnya konversi limbah sawit menjadi biogas tak hanya terletak pada aspek ekonomi, tetapi juga pada dampak positif terhadap lingkungan. PLTBg berbahan bakar biogas membantu mengurangi dampak negatif limbah sawit, yang seringkali menjadi sumber kontroversi terkait deforestasi dan masalah lingkungan lainnya. 

Inovasi pengolahan limbah sawit

Melalui inovasi ini, limbah sawit diolah menjadi sumber energi bersih, mengurangi jejak karbon dan meminimalkan pencemaran lingkungan.

Selain manfaat lingkungan, pengembangan PLTBg dari limbah sawit juga memiliki dampak positif dalam mendukung upaya pemerintah Indonesia mencapai target bauran energi baru terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025. 

PLTBg menjadi salah satu solusi untuk diversifikasi sumber energi dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil. Kehadiran Asian Agri sebagai pelaku utama dalam mengembangkan PLTBg juga memberikan dorongan untuk sektor swasta lainnya ikut serta dalam upaya mencapai tujuan berkelanjutan.

Baca Penduduk Asli Kalimantan: Makmurlah Dengan Sawit!

Selain itu, program pengembangan PLTBg juga berpotensi meningkatkan pemerataan distribusi listrik, terutama di daerah terpencil di seluruh Indonesia. Hal ini sesuai dengan upaya pemerintah untuk memastikan akses listrik merata di seluruh negeri. 

Membangun 20 unit PLTBg tambahan

Dengan rencana Asian Agri untuk membangun 20 unit PLTBg tambahan, diharapkan akan ada peningkatan signifikan dalam pasokan listrik dan pemenuhan kebutuhan energi, serta dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

Baca Sawit Sebagai Alat Politik-Ekonomi

Konversi limbah sawit menjadi biogas untuk PLTBg membuka peluang besar untuk menciptakan model pembangkit listrik yang berkelanjutan, memberikan manfaat ekonomi, lingkungan, dan sosial bagi masyarakat Indonesia.

(Rangkaya Bada)

LihatTutupKomentar
Cancel